Menambah Tinggi Shock Belakang CB150R

Pengalaman Pribadi nih Brother……

Sebelum ane nunggingin motor seperti Bro-Bro sekalian, ane browsing di mbah google bagaimana sih cara yang simple buat ninggiin shock dengan sistem prolink seperti pada kuda besi kesayangan. Di blog pertamax7, ada 2 cara ninggiin shock prolink. Pertama dengan mengganjal dudukan atas shock dengan bearing dan yang ke dua dengan mengebor conrod atau memendekan conrod yang otomatis akan mengangkat shock menjadi lebih tinggi.

Penampakan meninggikan dengan mengganjal bearing (ane ambil dari Pertama7.com)

bikin-nungging-honda-cb150r-dengan-ganjal-bearing

Penampakan meninggikan shock belakang CB150R dengan mengebor conrod

peninggi shock

Dari kedua cara tersebut memang ada kelebihan dan kekurangannya.

Setelah ane tanya-tanya ke rekan-rekan yang mengerti tentang pershock-an dan bengkel yang biasa memodifikasi motor-motor untuk trail adventure, ane putuskan untuk memakai cara yang kedua karena pertimbangan lebih simple dan aman daripada cara pertama karena cara yang pertama harus bongkar tangki dan filter udara terlebih dahulu.

Mulailah ane proses buat ninggiin shock belakang. Setelah diukur range aman untuk mengebor conrod, barulah dieksekusi nih conrod ane. Pengeboran conrod kurang lebih 5 mm didepan lubang conrod awal dan penambahan tinggi sekitar 5 cm dari posisi awal. Setelah dipasang lagi, ternyata shock tidak mau turun yang disebabkan shock membentur penopang conrod (seperti gambar diatas). Memang lebih tinggi, tapi fungsi shock sebagai peredam getar tidak berfungsi sama sekali. Akhirnya saya kembalikan ke lubang conrod standartnya lagi. Ini pengalaman yang berharga, karena jadi tau bagaimana meninggikan shock belakang sistem prolink yang simple.

Buat yang pengen ninngiin shock belakang CB150R ane kasih saran:

1. Sebaiknya menambahkan dudukan atas shock belakang yang berada di bawah tangki, tetapi jangan mengganjalnya dengan bearing, karena ditakutkan ambles. Penambahan dudukan atas shock ini sebaiknya menggunakan besi atau baja yang kuat dan di las di rangka. Pengelasan sebaiknya di tukang las yang sudah berpengaaman dan mempunyai hasil yang bagus.

2. Atau menambahkan seperti pada gambar di bawah ini

skok belakang

Untuk saran yang ke dua ini, ane masih belum tau proses dan caranya.

Semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada salah kata dan penulisan.

NB : Peninggian shock belakang dengan cara mengebor conrod untuk CB150R sebenarnya aman dan tetep bisa dilakukan dengan catatan, jarak pengeboran dengan sumbu as awal conrod kurang dari 2mm tetapi hanya meninggikan sekitar 2cm saja dan terlihat tidak ada bedanya. Pengeboran di tengah conrod bisa dilakukan tetapi penambahan tinggi semakin tinggi. (Semakin pendek jarak as conrod, maka akan semakin menambah tinggi shock belakang. Ini kunci mengubah tinggi atau rendahnya shock prolink).

Bonus edisi kali ini

DBS #012 Narsis di Museum Angkut

 

DBS #012 Lagi Narsis di Museum Angkut, hehehe

 

3 respons untuk ‘Menambah Tinggi Shock Belakang CB150R

      1. ╔══╦═╦═╦══╦═╦═╗
        ║║║║║║║╠╗╔╣║║║║
        ║║║║╦║║║║║║╦║╔╝
        ╚╩╩╩╩╩╩╝╚╝╚╩╩╝.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s